Tentang Bunaken

Bunaken, Surga Bawah Laut Indonesia

Bunaken adalah sebuah pulau dengan taman laut yang cukup terkenal di Indonesia. Terletak di kawasan Teluk Manado, dan merupakan bagian dari wilayah pemerintahan kota Manado, Sulawesi Utara. Pulau Bunaken berjarak sekitar 12 mil laut dari Pantai Manado dan dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat (kapal cepat) atau kapal sewaan dengan perjalanan selama kurang lebih 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Pulau Bunaken sendiri sebenarnya merupakan salah satu dari gugusan lima pulau yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Kelima pulau tersebut adalah Bunaken, Manado Tua, Siladen, Montehagen dan Nain.

 

Secara geografis, Taman Nasional Bunaken dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan utara. Di bagian utara terdiri dari gugusan lima pulau dimana terdapat Taman Laut Bunaken. Bagian selatan seluruhnya terdiri dari daerah pesisir antara Desa Poopoh dan Desa Popareng yang disebut Pesisir Arakan-Wawontulap.

 

Wisata Laut Spektakuler

 

Terumbu karang tersebut juga menjadi tempat hidup bagi 2.000 jenis ikan dan beragam biota laut. Jenis-jenis ikan yang umum dijumpai antara lain wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan lain-lain. Salah satu keunikan Taman Laut Bunaken adalah lautnya yang dalam hingga mencapai 1000 meter. Di laut dalam ini Anda bisa melihat beragam jenis ikan besar seperti ikan tuna, marlin, hiu kepala palu, pari, layar, cakalang, barakuda, lumba-lumba, hingga ikan paus. Bahkan, kalau beruntung, Anda bisa melihat jenis ikan yang bisa dikatakan jarang ditemui bahkan hampir punah seperti dugong, kura-kura, maupun ikan raja laut (coelacanth).

 

Faktor lain yang mambuat Taman Laut Bunaken semakin menarik adalah adanya underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas setinggi 25-50 meter. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Bunaken. Arus air di Bunaken terkadang begitu kencang dan sukar diprediksi, jadi kurang cocok bagi penyelam pemula namun menantang bagi para scuba divers.

 

Menyelam merupakan wisata wajib dan juga cara terbaik untuk dapat menikmati keindahan bawah laut taman Laut Bunaken. Anda juga tak perlu repot membawa perlengkapan menyelam sendiri, di sana banyak terdapat tempat persewaan alat selam dengan harga mulai dari Rp. 100.000,- per hari. Untuk anda yang belum terbiasa menyelam ataupun snorkling, di sana juga terdapat pemandu yang siap mengajari teknik menyelam.

 

Tidak sembarang orang bisa menyelam karena kegiatan menyelam memiliki teknik berenang dan pernafasan yang harus dilatih. Untuk menyelam di Pulau Bunaken, Anda harus memiliki sertifikat selam dan harus didampingi oleh pemandu. Selain menyelam, Anda juga bisa menikmati snorkling. Hampir mirip dengan menyelam, hanya saja prinsip snorkling adalah mengambang di dasar laut, jadi untuk kita yang tidak bisa berenang kita masih bisa snorkling dengan menggunakan pelampung agar tidak tenggelam.

 

Selain menyelam ataupun snorkling, ada beberapa cara menarik lainnya yang dapat anda lakukan untuk dapat menikmati keindahan Bunaken. Anda bisa berjalan kaki atau menyewa kapal untuk berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Hanya dengan berjalan kaki mengelilingi pantai sudah menjadi pengalaman yang menakjubkan.

 

Anda juga bisa menggunakan Katamaran, kapal semi selam yang disewakan di lepas pantai Pulau Bunaken. Kapal ini dilengkapi dengan dinding-dinding kaca supaya kita bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken. Selain Katamaran atau kapal semi selam, ada pula kapal selam Blue Banter yang hanya akan beroperasi saat air laut pasang. Meski tarif sewanya lebih mahal dari kapal semi selam, namun terbayar karena Anda dapat menikmati indahnya pemandangan bawah laut Bunaken dengan lebih maksimal.

 

Hotel di Bunaken

 

Untuk akomodasi hotel atau penginapan pun terbilang cukup banyak. Anda bisa memilih untuk menginap di kota Manado atau di Bunaken. Di kota Manado terdapat banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel melati dengan tarif sekitar Rp. 100.000,- semalam hingga hotel berbintang lima dengan tarif jutaan rupiah semalamnya. Ada beberapa penginapan di kota Manado yang menawarkan paket harian ke Bunaken. Biasanya berangkat di pagi hari dan kembali di sore hari. Sedangkan untuk dapat menikmati suasana terbaik di kota pesisir, menginap di dekat Pantai Malalayang adalah pilihan terbaik.

 

Jika Anda ingin menginap di Pulau Bunaken kita bisa memilih cottage atau rumah tinggal yang banyak tersedia di sepanjang pantai. Harga sewa cottage bervariasi, semakin dekat lokasi cottage dengan taman laut semakin mahal harga sewanya dan biasanya harga sewa dihitung per orang. Rata-rata tarif sewa cottage di Bunaken adalah sekitar Rp. 150.000,- hingga Rp. 350.000,- per orang per malam. Harga tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari dengan menu makanan lebih banyak seafood terutama ikan bakar.

 

Suasana menginap di Bunaken sangat tenang dan jauh dari kata ramai. Tidak ada suara televisi maupun telepon. Pilihan menginap di Bunaken sangat cocok bagi Anda yang sedang menginginkan suasana pantai yang tenang ataupun pasangan suami istri yang ingin berbulan madu.

 

Alternatif lainnya, Anda bisa menginap di Pulau Gangga. Sebuah pulau yang sangat indah yang terletak di Kepulauan Bangka. Anda dapat mengakses tempat itu dengan perjalanan darat menggunakan mobil ke arah Bitung di utara kemudian 30 menit naik speed boat. Di sana terdapat resort dengan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang dan spa.

 

Menuju Bunaken

 

Sebagai tempat yang sudah dikenal secara luas di dunia internasional, akses transportasi ke tempat wisata Taman Laut Bunaken sangat mudah. Kota Manado dengan bandar udara Sam Ratulangi terhubung dengan beberapa kota lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan maupun Makasar. Selain itu bandara Sam Ratulangi juga melayani rute penerbangan langsung dari dan keluar negeri seperti ke Singapura, Manila, Kuala Lumpur, dan Davao, Filipina. Terminal penumpangnya juga sudah memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional. Dari bandara Sam Ratulangi menuju kota Manado Anda bisa menggunakan taksi dengan tarif sekitar Rp. 100.000,-.

 

Ada beberapa alternatif cara untuk menuju ke Pulau Bunaken dari kota Manado, yaitu melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken kita akan menggunakan kapal pesiar dan menempuh perjalanan selama sekitar 10-15 menit.

 

Anda juga bisa menyewa kapal untuk menuju Pulau Bunaken dari Manado. Ada dua pilihan tempat, dari Pasar Bersehati atau Marina. Tarif sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken sekitar Rp. 300.000,- hingga Rp. 400.000,-. Tarif lebih mahal jika kita berangkat dari Marina, yaitu sekitar Rp. 600.000,- hingga Rp. 800.000,-. Alternatif lainnya, kita bisa menggunakan kapal tradisional dengan tarif Rp. 50.000,- per orang, hanya saja kapal tradisional ini baru berangkat ketika penumpang sudah penuh (macam angkot saja hehe ..).

 

Tanda masuk dan tiket ke Pulau Bunaken dapat diperoleh di kota Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga dapat membeli tiket di beberapa counter penjual tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di Pulau Bunaken dan Siladen. Harga tiket masuk bagi wisatawan asing adalah Rp. 50.000,- per orang per hari atau Rp. 150.000,- per tahun. Sedangkan bagi wisatawan lokal harga tiket masuknya hanya Rp. 2.500,- per orang per hari.